Kamis, 18 Februari 2016

TEKNOLOGI DAN PENELITIAN BISNIS


TEKNOLOGI DAN PENELITIAN BISNIS
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Metodologi Penelitian
Dosen  Pengampu : Angga Hidayat
NIDN  : 0426108802




                  Di susun oleh :
                                                1. Arif Rachmat Cahyadi ( 201312122142 )
                                                2.Nurasyifa ( 2013122083 )
                                                3.Rihma Puspaningrum ( 2013121581 )
                                                4.Siti Mahyuni ( 2013121249 )
                                                5.Winda Permata Sari ( 2013121414)
                                                6.Wiandri ( 2013121258 )
                                                7.Yeni Rachmawati ( 2013121789 )




 
A.    TEKNOLOGI DAN PENELITIAN BISNIS

Dalam ruang lingkup masyarakat dan sekelilingnya teknologi merupakan hal yang penting, salah satunya dalam perkembangan dunia bisnis. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukan untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk dalam melakukan pekerjaan dan menyediakan barang dan jasa untuk menghasilkan keuntungan. Sehingga dapat disimpulkan teknologi bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki nilai atau kemampuan dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dibuat dengan bantuan ekonomi. (Sumber : Dokumen Pribadi)
Teknologi mempermudah manajer dalam pembuatan keputusan terutama dalam penelitian bisnis , dalam hal fase pengumpulan informasi awal memperoleh dan menganalisis data dari beberapa sumber untuk memungkinkan keputusan bisnis. ( Sekaran , 2014 : 53 )

A.    KEBUTUHAN INFORMASI BISNIS

Untuk menjalankan sebuah bisnis diperlukan data yang berguna, tepat waktu, akurat, terpercaya dan valid. Pengumpulan informasi, komunikasi, dan pengambilan keputusan berjalan saling bergandengan tangan. Metode – metode yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyatukan informasi dari lingkungan eksternal dan internal menjadi semakin canggih berkat cakupan luas teknologi, yang membuat penelitian yang tepat waktu dan efisien adalah vital bagi kelangsungan perusahaan. Kita sekarang akan mempelajari beberapa diantaranya secara luas. (Sekaran, 2014 : 54-55)

B.     TEKNOLOGI YANG BISA DIGUNAKAN DALAM BISNIS

1.      Internet
Mungkin anda sudah mendengar kata internet, tetapi belum tahu maksudnya. Internet adalah jaringan (network) komputer terbesar di dunia. Jaringan merupakan istilah yang berarti sekelompok komputer yang dihubungkan bersama sehingga dapat berbagi informasi dan sumber daya. Sesuai dengan namanya, internet bukan jaringan tunggal tetapi lebih merupakan jaringan dari jaringan, internet mengandung sejumlah standar untuk melewatkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya, sehingga jaringan di seluruh dunia dapat berkomunikasi. Internet berawal dari eksperimen departemen pertahanan Amerika Serikat pada akhir tahun 1960an yang menghubungkan jaringan riset militer. Eksperimen ini terus tumbuh dari tahun ke tahun, dan diperluas dengan menghubungkan jaringan – jaringan pada instansi penelitian dan universitas, dan akhir – akhir ini jaringan komersial juga dihubungkan. Pertumbuhan jaringan terus meledak dan tidak ada tanda – tanda penurunan.  (Shirky, 1995:2 )
Internet merupakan jaringan komputer global yang mehubungkan orang dan informasi yang mempunyai manfaat besar bagi kemajuan penelitian dan memperluas peluang bisnis diseluruh dunia. (Sekaran, 2014:55 )

2.      Surat Elektronik
Internet juga memungkinkan pertukaran surat elektronik (electronic-mail atau cukup disingkat e-mail), yang kian menjadi ciri utama dalam komunikasi bisnis, baik didalam dan luar perusahaan. (Sekaran, 2014:56 )
Surat Elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. ( Pawirosumarto, 2009:233 )
3.      Intranet
Intranet suatu jaringan komputer yang saling berhubungan , layaknya jaringan internet tetapi penggunaan datanya terbatas atau lebih tertutup jadi tidak semua pengguna dapat menggunakan jaringan intranet, hanya orang tertentu yang dapat masuk pada jaringan ini. Intranet menghubungkan jaringan data internal perusahaan, tetapi mencegah akses bagi pihak luar perusahaan. Intranet juga memfasilitasi pencarian data dari dalam perusahaan, misalnya survei dapat dengan mudah dilakukan melalui intranet untuk menilai semangat karyawan atau popularitas paket tunjangan. (Sekaran, 2014:57 )

4.      Browser
Dalam dunia bisnis pemakai internet tidak bisa menjelajahi dunia maya tanpa fitur browser. ( seperti microsoft’s explorer,  opera mini, google chrome , mozilla firefox, netscape dan sebagainya ) memungkinkan pengguna nonteknis untuk mengakses dan mengurangi web dengan mudah. Tanpa browser, internet akan terus menjadi sesuatu asing yang terbatas pada sekelompok pengguna teknik tinggi. Bisa dikatakan, browser memicu “revolusi internet”. (Sekaran, 2014:58 )
Browser adalah suatu program atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet, lebih jelasnya browser adalah suatu program yang digunakan untuk mengankses internet. Browser disebut juga dengan web browser, dan anda bisa memilih salah satu browser yang anda inginkan misalnya : internet explorer, netscape navigator, mosaic dan lainnya.

5.      Situs Web

Web untuk mempromosikan citra mereka, berkomunikasi dengan pelanggan, membangun hubungan, membagi informasi, memberi penawaran menarik kepada calon konsumen, dan memastikan bahwa mereka tetap  memperoleh laba. (Sekaran, 2014:58 )
Website / situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks , data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangungan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan – jaringan halaman ( Hyperlink) . (Pawirosumarto, 2009:227 )


C.    BEBERAPA PERANTI LUNAK YANG DIGUNAKAN DALAM PENELETIAN BISNIS

1.      Groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas individu-individu yang memiliki minat atau ketertarikan bersama untuk bergabung menjadi sejumlah tim yang dapat bekerja dala proyek bersama dalam groupware ini. Groupware beroperasi pada sebuah jaringan sehingga sejumlah tim dapat bekerja dalam proyek bersama, dan perangkat ini memungkinkan orang dari departemen berbeda untuk mengakses data bersama-sama. Misalnya, jika departemen akuntansi, keuangan, penjualan, dan produksi harus mengoordinir usaha mereka untuk menghasilkan sebuah produk yang sukses dengan anggaran yang ketat maka data yang mereka gunakan dapat diakses secara bersama-sama tetapi dalam waktu berbeda. (Sekaran, 2014:59 )
2.      Neural Network
Jaringan Syaraf (Neural Network) didesain untuk menelusuri pola-pola dalam sekumpulan data dan mengambil kesimpulan darinya. (Sekaran, 2014:59 )

3.      CAM/CAD
Peranti lunak computer-aided manufacturing (CAM) membantu para insinyur untuk mendesain komponen manufaktur dan mengarahkan produksi produk. Peranti lunak computer aided desaign (CAD) menghasilkan dan menampilkan gambar-gambar rumit dengan presisi, memungkinkan eksperimentasi dengna desaign ynag berbeda. (Sekaran, 2014:59 )

4.      Enterprise Resource Planning
Paket Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (Enterprise Resource Planning – ERP) dari perusahaan peranti lunak yang menawarkan integrasi aplikasi bisnis all-in-one perlahan telah menggantikan aplikasi manufaktur, keuangan, dan catatan pesanan tardisional, yang biasanya “didesain sendiri” dan tidak mudah diintegrasikan. Tren saat ini adalah mengintegrasikan berbagai paket ERP dengna menggunakan kriteria “bibit terbaik” untuk aplikasi spesifikasi bagi solusi khusus dan kebutuhan spesifikasi industri. Contohnya, kebutuhan perusahaan farmasi berbeda dari perusahaan produsen mobil, dan hal tersebut diperhitungkan  dalam paket tersebut. (Sekaran, 2014:60 )

5.      Program Peranti Lunak Analisis Data
Pengumpulan data diperudah memulai kapabilitas audit  dalam peranti lunak yang melacak dan menyediakan informasi yang terkait dengan penggunaan fungsi dan fitur apapun. ( Sekaran, 2014: 60 )
D.    APLIKASI TERBARU DALAM TEKNOLOGI

1.      Alat Elektronik Genggam (Handheld Device)
Aplikasi baru teknologi komputer diwakili oleh alat elektronik genggam yang kecil dan efektif biaya seperti palm, yang dibantu oleh kelas peranti lunak baru, mempermudah dan memperoleh data dan analisis segera dan telah memulai sebuah proses perubahan dalam dunia kerja. Komputer pribadi yang tepat, akurat, andal, ekonomis, dan mempermudah penyimpanan yang rapi dengan mengurangi kertas kerja   hingga minimum, perlahan digantikan oleh tekhnologi komputer genggam seperti palm top, yang menyediakan banyak daya komputasi untuk penggunaan harian oleh para eksekutif yang bepergian. (Sekaran, 2014:61)

2.      Teknologi Suara Interaktif, CD-ROM, Dan Basis Data Relasional
CD-ROM terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital  sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini meilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa-bawa. (Pawirosumarto, 2009:36)

3.      Digital Whiteboard
          Digital Whiteboard memungkinkan isi pada sebuah papan (board) yang menampilkam diagram yang rumit  dan catatan yang banyak untuk disalin pada notepad PC dan dikirim secara elektronik ke yang lainnya, sesuai keperluan contohnya, sesi brainstorming selama pemecahan masalah dapat dikomunikasikan dengan mudah kepada orang lain di bagian lain dunia dengan metode ini. (Sekaran 2014:62)

4.      Video Konferensi Kelompok
          Video konferensi kelompok menghasilkan pengaruh rapat tatap-muka dengan menggunakan monitor TV atau proyektor multimedia yang besar. Sistem videokonferensi mempunyai keuntungan integrasi dengan teknologi bisnis vital lainnya seperti peranti lunak kertas kerja (spreedsheet dan presentasi). (Sekaran 2014:62)

5.      Realitas Virtual
          Realitas Virtual menciptakan lingkungan 3-D dalam hal membuat sebuah produk dengan komputer dan memperlihatkannya kepada calon kelompok peminat dengan rincian harga, bahan, dan informasi relevan lainnya. (Sekaran 2014:63)

6.      Menghubungkan PC ke Peralatan Elektronik

          Clark & Bank, 1998 dalam Uma Sekaran 2014 Salah satu upaya terkini yang dilakukan oleh Microsoft dan Sony adalah menghubungkan PC dan peralatan elektronik konsumen. Misalnya, sebuah perusahaan dapat menyambung camcoder ke PC atau ke seperanti TV untuk mengirim surat video melalui internet. Akselerasi transaksi, komunikasi, dan penelitian bisnis melalui cara ini akan sangat meningkat apabila peralatannya sempurna. (Sekaran 2014:63)


E.     SISTEM INFORMASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJERIAL

Data Warehousing, Data Mining, dan Riset Operasi

                Sistem informasi lain seperti Sistem Informasi Manajemen–SIM (Management Information System – MIS), Sistem pendukung keputusan (Decision Support System), Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information System), dan sistem pakar (Expert System) merupakan bantuan pembuat keputusan yang baik, tetapi tidak secara langsung berhubungan dengan pengumpulan dan analisis data. Singkatnya, sistem informasi yang baik mengumpulkan, menggali, dan menyediakan cakupan informasi yang l uas yang berkaitan dengna aspek lingkungan eksternal dan internal organisasi. (Sekaran 2014:65)
                Data warehousing berfungsi sebagai tempat penyimpanan pusat semua data yang diperoleh dari sumber yang berbeda termasuk yang berkaitan dengan keuangan perusahan, manufaktur, penjualan, dan semacamnya. (Sekaran 2014:64)
                Data Mining merupakan strategi untuk mencapai tingkatan baru inteligensi bisnis yang memungkinkan untuk melacak penjualan ritel dengan kode pos dan waktu pembelian, sehingga penyimpanan item yang optimal menjadi mungkin. (Sekaran 2014:64)
                Riset Operasi merupakan alat canggih lain yang digunakan untuk menyederhanakan dan memperjelas jenis persoalan rumit  tertentu yang harus dikuantifikasi. (Sekaran 2014:64)


F.     DIMENSI INTERNASIONAL RUANG MAYA

Firewall dan teknologi penyaring sama dengan yang dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan Amerika untuk menghalangi backer komputer. Beberapa lainnya seperti Singapura dan Arab Saudi menyensor isi situs.Hakim di Prancis memutuskan bahwa Yahoo telah melanggar hukum Prancis dengan menjual benda-benda kenangan tentang Nazi pada lelang di Internet, dan keputusan tersebut ditentang oleh yahoo. (Sekaran 2014:65)



G.    PENYIMPANAN DAN PENGAMANAN DATA

1.      Penyimpanan Basis Data
          Data merupakan nyawa perusahaan dan sebaiknya disimpan dalam sekurangnya dua lokasi lainnya, atau setidaknya dicadangkan pada tape dan disimpan dalam lokasi terpencil lainnya. Ada beberapa perusahaan dalam industri penyimpanan yang menawarkan perlindungan data perusahaan dan bantuan dalam pemulihan bencana.
          Penyimpanan basis data merupakan suatu cara untuk melindungi database dari ancaman baik dalam kesengajaan atau bukan. (Sekaran 2014:66 )

2.      Keamanan Data
Sebagai pengguna data dan informasi para pebisnis sering mendapat ancaman dalam keamanan data seperti, pembajakan komputer, penipuan internet, dan sabotase dari berbagai sumber yang luas. Keamanan data adalah suatu software yang mempunyai fungsi melindungi data dari ancaman-ancaman tersebut. ID digital dan firewall merupakan beberapa tindakan pengamanan yang dipergunakan untuk mencegah penipuan dan penggunaan yang tidak valid. (Sekaran 2014:66)

H.    KEUNTUNGAN MANAJERIAL DARI KEMAJUAN TEKNOLOGI

Sebagai manajer perusahaan penting untuk mengambil keuntungan dari teknologi informasi dan tetap mengetahui inovasi terbaru atau mengikuti semua kemajuan teknlogi terkini. Teknologi peranti lunak dapat digunakan secara efektif dalam proses peneltian untuk identifikasi  masalah seperti penyusunan teori, pengumpulan data dari responden, menganalisisnya, dan menampilkan hasil yang semuanya. Teknologi juga memiliki kekurangan. Contohnya, voice mail dan caller ID dapat mempersulit pengumpulan data via telepon. (Sekaran 2014:67)

I.       ETIKA DALAM MENANGANI TEKNOLOGI INFORMASI

Meskipun teknologi menawarkan kesempatan tidak terbatas bagi organisasi dan mempermudah pengambilan keputusan pada beberapa tingkatan, teknologi juga membebankan kewajiban tertentu bagi penggunannya. Pertama, adalah penting bahwa privasi semua orang dilindungi. Kedua, perusahaan juga perlu memastikan bahwa informasi rahasia yang berkaitan dengan individu dilindungi. Ketiga, perhatian harus diberikan untuk memastikan bahwa ada informasi yang tidak benar. Keempat, mereka yang mencari data untuk perusahaan harus jujur, dapat dipercaya, dan berhati-hati dalam mengumpulkan dan merekma data dalam cara yang tepat. (Sekaran 2014:68)


DAFTAR PUSTAKA

Sekaran, Uma. 2014. Research Methods for Business. Jakarta : Salemba Empat
Shirky, Clay. 1994. Internet Lewat E-mail. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Fauzi, Akhmad. 2008. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu
Pawirosumarto, Suharno. 2009. Aplikasi Komputer. Jakarta : Mitra Wicana Media




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar